Uji Ehrlich

Uji Ehrlich merupakan uji kimia yang digunakan untuk mendeteksi adanya asam amino triptofan. Reagen ehrlich akan bereaksi dengan gugus indole dalam triptofan membentuk komponen berwarna pink, kemerahan, ungu, hingga biru. Gugus indole merupakan struktur bisiklik, gabungan dari cincin benzena dengan cincin pirol.

triptofan
Gambar 1. Triptofan

Bahan dan pereaksi:
  • Reagen ehrlich (0.5-2.0 g p–dimethylaminobenzaldehyde (DMAB) dalam 50 ml 95% ethanol dan 50 ml asam klorida pekat).
  • Bahan yang akan diuji.

Langkah kerja:
  • Masukkan 0.5 ml zat yang akan diuji ke dalam tabung reaksi.
  • Tambahkan 2 ml reagen ehrlich.
  • Amati perubahan warna yang terjadi.

Catatan:

Uji ehrlich dapat mendeteksi gugus indole, amina aromatik, dan ureida. Hasil positif dari uji ehrlich ditunjukkan dengan warna pink, kemerahan, ungu, hingga biru.

hasil positif uji ehrlich
Hasil positif uji ehrlich dari pink, kemerahan, ungu, hingga biru.

Uji ehrich biasa digunakan untuk mendeteksi urobilinogen dalam urin, urobilinogen terbentuk dari reduksi bilirubin. Bilirubin merupakan senyawa berwarna kuning yang diproduksi di dalam hati. Urobilinogen yang terlalu sedikit atau tidak ada dalam urin menunjukkan hati tidak bekerja dengan baik, sedangkan bila terlalu banyak menandakan penyakit hati seperti hepatitis atau sirosis.

Uji ehrlich sering digunakan untuk menunjukkan adanya senyawa psikoaktif triptamin. Uji ini juga dapat digunakan untuk menguji opium, karena kandungan triptofan pada opium.

Uji ehrlich diberinama berdasarkan pemenang hadiah Nobel Paul Ehrlich. Reagen ehrlich sebaiknya digunakan segera setelah dibuat, efektivitas reagen ini semakin lama akan semakin berkurang.

Terakhir di edit: 14/08/2019

0 komentar

Post a Comment